RSS

Contoh Teknologi informasi , manfaat dan dampak yang ditimbulkan

11 Jan

Teknologi merupakan sarana yang diciptakan oleh manusia untuk memberikan kemudahan serta kenyamanan dalam hidup dan dibuat berdasarkan ilmu pengetahuan dari manusia itu sendiri

Informasi adalah pesan, bisa berupa suara, gambar, maupun tulisan, yang disampaikan dari satu pihak ke pihak yang lain

Teknologi informasi bisa didefinisikan sebagai teknologi yang membantu manusia dalam membuat atau menyebarkan informasi ke manusia lainnya.

Macam – Macam Teknologi Informasi:

1. Media Cetak

Contoh teknologi informasi yang pastinya sudah sangat dikenal banyak orang adalah media cetak. Media ini termasuk teknologi informasi karena memiliki fungsi untuk membuat, mengubah, menyimpan, atau menyebarkan pesan kepada banyak orang.

  • Surat kabar. Surat kabar atau koran adalah media cetak yang sampai saat ini masih diminati banyak orang sekalipun informasi bisa didapat dengan mudah lewat media elektronik. Surat kabar berisi beragam pesan atau berita yang bisa dibaca oleh siapa saja, mulai dari politik, ekonomi, hingga berita hiburan.
  • Majalah. Majalah adalah salah satu teknologi informasi yang tergolong ke dalam media cetak. Majalah berisi konten yang lebih khusus bila dibandingkan dengan surat kabar. Misalnya majalah film, majalah kesehatan, majalah religi, majala properti, dll.
  • Tabloid. Tabloid bisa dibilang merupakan gabungan antara koran dan majalah. Tabloid memiliki bentuk fisik layaknya surat kabar, namun berisi konten yang spesifik seperti majalah.
  • Buletin. Buletin adalah sarana informasi yang biasanya berisikan artikel dengan tema-tema yang khusus. Berbeda dengan koran, majalah, atau tabloid, buletin dibuat tanpa kepentingan komersial dan hanya disebar pada kalangan tertentu.
  • Selebaran. Selebaran adalah salah satu contoh dari teknologi informasi yang berisi pesan singkat dan jelas mengenai sesuatu, bisa berupa promosi produk, propaganda, atau jadwal even-even tertentu.

2. Media Elektronik

Selain media cetak, kita juga akan mengenal media elektronik sebagai bagian teknologi informasi. Berbeda dengan media cetak, media elektronik mampu menyampaikan pesan berupa gambar, tulisan, suara, hingga video. Berikut adalah contohnya.

  • Komputer. Teknologi informasi elektronik yang cukup dikenal banyak orang adalah komputer. Komputer sering digunakan untuk mengolah data yang berisi pesan, menyimpannya, atau menyebarkan pesan tersebut ke pihak-pihak yang lain.
  • Televisi. Teknologi informasi yang satu ini pasti dimiliki sebagian besar masyarakat Indonesia. Dengan adanya televisi, seseorang atau golongan-golongan tertentu memiliki kekuasaan untuk menyampaikan informasi kepada khalayak ramai dengan cara menyebarkannya lewat acara-acara televisi.
  • Radio. Teknologi radio berbeda dengan komputer dan televisi yang bisa menyebarkan pesan berupa gambar, tulisam, atau video. Radio hanya mampu menyampaikan pesankepada banyak orang lewat suara. Walau begitu radio tetap menjadi salah satu sarana penyebaran informasi yang cukup efektif.

Dampak Teknologi Informasi bagi Kehidupan.

Setelah mengetahui macam-macam atau contoh teknologi informasi, kini kita akan sedikit membahas mengenai dampaknya. Teknologi tidak selalu memberikan kemudahan pada manusia, tetapi juga bisa menimbulkan dampak negatif yang berbahaya bagi kehidupan. Apa saja dampak positif dan dampak negatif dari teknologi informasi? Mari simak pembahasan singkat berikut ini.

A. Dampak Positif

  • Membuat masyarakat menjadi lebih mudah dalam mendapatkan serta menyerap informasi pengetahuan yang dibutuhkan.
  • Pihak-pihak yang berkepentingan bisa menyebarkan informasi dengan cara yang mudah, cepat, dan bisa menjangkau banyak orang.
  • Selain pengetahuan atau wawasan tertentu, seseorang akan mendapat hiburan, misal dari televisi, radio, atau majalah.
  • Memberi kemudahan bagi mereka yang sedang menjalankan bisnis, mulai dari kemudahan berpromosi hingga kemudahan bertransaksi dengan pembeli.

B. Dampak Negatif

  • Kemudahan akses informasi membuat seseorang mudah mendapatkan informasi negatif, misalnya berita kriminal, isu SARA, serta kekerasan.
  • Manusia bisa menjadi malas beraktivitas atau bekerja, penyebabnya adalah terlalu asyik menikmati teknologi-teknologi informasi yang menyajikan hiburan.
  • Kemudahan menyebarkan informasi disalahgunakan untuk menebar pesan negatif, seperti isu SARA atau teror terhadap pihak-pihak tertentu.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi

 
Leave a comment

Posted by on January 11, 2015 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: