RSS

Contoh Prosedur dan Lembar Kerja IT Audit

13 Apr

IT Audit

Audit menurut Arens, et al. (2003) adalah proses pengumpulan dan pengevaluasian bukti-bukti tentang informasi ekonomi untuk menentukan tingkat kesesuaian informasi tersebut dengan criteria-kriteria yang telah ditetapkan, dan melaporkan hasil pemeriksaan tersebut. IT Audit adalah suatu proses kontrol pengujian terhadap infrastruktur teknologi informasi dimana berhubungan dengan masalah audit finansial dan audit internal.IT audit lebih dikenal dengan istilah EDP Auditing(Electronic Data Processing), biasanya digunakan untuk menguraikan dua jenis aktifitas yang berkaitan dengan komputer. IT Audit merupakan gabungan dari berbagai macam ilmu, antara lain Traditional Audit, Manajemen Sistem Informasi, Sistem Informasi Akuntansi, Ilmu Komputer, dan Behavioral Science. IT Audit bertujuan untuk meninjau dan mengevaluasi faktor-faktor ketersediaan (availability), kerahasiaan (confidentiality), dan kebutuhan (integrity) dari sistem informasi organisasi.

Pada dasarnya prosedur audit dapat diuraikan sebagai berikut :

  1. Perencanaan Audit (Planning the Audit) Terlebih dahulu harus merencanakan sasaran yang akan di audit kemudian harus memahami sasaran tersebut, kemudian mengumpulkan informasi awal yang dibutuhkan dan mengidentifikasikan resiko.
  2. Pengujian Pengendalian (Test of Controls) Melakukan observasi terhadap pengendalian control dan mengevaluasi system yang telah ada, apakah system sudah berjalan dengan baik atau belum.
  3. Pengujian Subtantif – Pengujian Transaksi (Test of Transactions) Melakukan pengujian terhadap seluruh aktivitas transaksi yang terjadi. – Pengujian Keseluruhan Hasil (Test of Overall Result) Melakukan pengujian terhadap efektifitas dan efisiensi dalam kegiatan komputerisasi.
  4. Penyelesaian Audit (Completion of the Audit) Membuat kesimpulan atau rekomendasi untuk dikomunikasikan pada manajemen

Lembar kerja Lembar kerja audit adalah Sebuah catatan yang dibuat oleh auditor tentang prosedur audit yang dikerjakan, pengujian yang dilakukannya, serta informasi yang diperolehnya dan kesimpulan sehubungan dengan auditnya Tipe Lembar Kerja :

  1. Program Audit (Audit Program) Merupakan daftar prosedur audit untuk seluruh audit unsur tertentu, sekaligus berfungsi sebagai  alat yang bermanfaat untuk menetapkan jadwal pelaksanaan dan pengawasan pekerjaan audit.
  2. Working Trial Balance Suatu daftar yg berisi: – Saldo-saldo akun buku besar pada akhir tahun yg diaudit dan pada akhir tahun sebelumnya – Kolom untuk adjustment & penggolongan kembali yg diusulkan auditor – Saldo-saldo setelah koreksi auditor yg akan tampak dlm laporan keuangan auditan
  3. Ringkasan Jurnal adjustment Lembar kerja berisi temuan-temua kekeliruan dalam laporan keuangan & catatan akuntansi.
  4. Skedul Utama (lead schedule atau top schedule) Meringkas informasi yg dicatat dalam skedul pendukung untuk akun-akun yg berhubungan
  5. Skedul Pendukung (Supporting Schedule) Lembar kerja yang menguatkan informasi keuangan dan operasional yang dikumpulkan, memuat berbagai simpulan yang dibuat auditor.

Sumber:
http://dharaayuheryanti.blogspot.com/2011/03/contoh-prosedur-dan-lembar-kerja-it.html
http://rainzacious.blogspot.com/2013/03/tugas-contoh-prosedur-audit-dan-lembar.html

 
Leave a comment

Posted by on April 13, 2015 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: